You are here

Mengapa agen perjalanan wisata perlu berubah untuk bisa bertahan hidup

Success story

10 tahun lalu, Excelsior Travel di Houston, Texas, mengetahui bahwa mereka harus berubah agar dapat bertahan hidup di dunia perjalanan yang berubah dan bersaing dengan agen perjalanan wisata online. Jean Pierre Casaubon bergabung dengan perusahaan itu pada tahun 2014 dan fokusnya saat itu adalah berinvestasi dalam pemasaran digital. Yang diperlukan hanya mempelajari baik-baik bisnis mereka dan pemikiran yang maju ke depan untuk mengubah bisnis menjadi bisnis dengan permintaan yang makin meningkat serta pelanggan yang berbeda yang menunggu paket wisata yang dirancang khusus yang memberikan keuntungan lebih besar. Bacalah untuk menemukan bagaimana Bedsonline menjadi alat mereka untuk memenuhi keinginan para pelanggan tersebut.

Secara tradisional, Excelsior Travel merupakan agen perjalanan wisata yang mendapatkan sebagian besar pendapatannya dari melayani sejumlah besar populasi warga Amerika Selatan di kota Houston dengan tiket pesawat untuk pulang ke negara asal mereka. Tetapi karena bermunculannya agen perjalanan wisata online dan menurunnya kantor-kantor agen wisata biasa, pemilik agen perjalanan selama 26 tahun ini tahu bahwa mereka harus “ikut program atau tertinggal di belakang” untuk bisa bertahan seperti dijelaskan oleh Jean Pierre Casaubon, manajer umum Excelsior Travel yang berpandangan maju.

Para pemilik Excelsior Travel menyadari bahwa mereka harus muncul online agar terlihat dan untuk menemukan para pelanggan baru. Mereka mengeluarkan $1.800 per bulan untuk membayar surat kabar lokal, Houston Chronicle, untuk membantu pemasaran digital dan SEO (Optimisasi Mesin Pencari) mereka.

Tetapi hasilnya tidak seperti yang mereka harapkan. Ketika Jean Pierre bergabung dengan agen wisata itu sekitar 4 tahun lalu, mereka mengandalkan studi Jean Pierre dalam bidang seni visual dan pemasaran digital untuk menyelidiki mengapa investasi mereka tidak mendapatkan imbalan yang mereka harapkan.

Setelah menghadiri pertemuan dengan surat kabar lokal tersebut, Jean Pierre menyadari apa yang menyadari masalah dan segera memutuskan hubungan dengan surat kabar itu.

Surat kabar itu menjual SEO kepada Excelsior Travel, dan interpretasi mereka tentang SEO dibangun pada dasar halaman pertama (landing page) di situs web mereka yang ditautkan ke situs web Excelsior Travel. Itu artinya bukan SEO dan tidak ada hubungannya dengan SEO.

PEMIKIRAN YANG BERBEDA

Kemudian Jean Pierre sendirilah yang meneruskan memasangkan SEO di situs web perusahaan yang sudah menua. Pertama-tama, dia memasukkan tiga toko yang mereka miliki di kota itu di Google Maps, ini memungkinkan Google untuk mengetahui letak ketiga toko itu jika ada orang yang melakukan pencarian lokal.

Tindakan berikut yang dilakukannya adalah tindakan yang cerdas. Berdasarkan risetnya, Jean Pierre menyadari bahwa semua pesaingnya berkompetisi menggunakan kata atau istilah pencarian dalam bahasa Inggris, tetapi setengah dari populasi kota itu berbahasa Spanyol dan di sinilah Jean Pierre menemukan peluangnya.

Jean Pierre mulai mengoptimasi situs web dengan kata kunci berbahasa Spanyol dan hampir secara instan ada kenaikan besar di trafik situs webnya dan juga dalam pertanyaan yang diajukan, tetapi dia tahu bahwa untuk bisa menguasai di Google diperlukan lebih dari sekadar beberapa kata kunci.

Bedsonline Why travel agents need to change to survive

KONSEP YANG JELAS

Dibekali dengan hasil dari upaya SEO-nya, Jean Pierre menemui manajemennya untuk meminta mereka berinvestasi membangun situs web baru. Strateginya untuk situs web baru sangat jelas dan yang dia yakini pasti masuk ke dalam jaring ‘laba-laba’ Google.

Google mengirimkan ‘laba-laba’-nya setiap hari untuk merayapi internet, melihat-lihat situs web dan kontennya. Hal yang paling disukai Google adalah konten yang relevan, orisinal dan informatif. Jean Pierre tahu jika dia bisa melakukannya, maka peringkat pencarian situs webnya akan berada paling atas di wilayah tersebut.

Situs web Bedsonline terus menerus diperbarui berdasarkan masukan yang kami dapat dari klien kami. Login sekarang untuk melihat apa yang telah berubah sejak Anda tidak mengunjunginya.

 
 

Setelah mendapatkan investasi $5.000, Jean Pierre siap membuat situs web baru yang cemerlang dan padat dengan konten destinasi dan rencana perjalanan yang informatif serta membantu bagi para pelancong yang tidak punya banyak waktu. Dia tahu cara modern untuk melakukan pemasaran bukanlah dengan melakukan penjualan langsung (hard sell), tetapi dengan memberikan pengunjung sesuatu yang berguna dan informatif. Sebagai imbalannya, kita akan dapat membina hubungan dengan mereka yang didasari atas rasa percaya karena mereka memandang kita sebagai sumber yang memang berpengetahuan dan dapat dipercaya.

 

Bedsonline Mengapa agen perjalanan wisata perlu berubah untuk bisa mempertahankan rencana perjalanan

MEMBERI NILAI TAMBAH

Situs web itu mulai menimbulkan adanya permintaan sehingga mereka memperkenalkan program ‘Travel Agent Connect’ mereka untuk mengurusi permintaan-permintaan itu.

Saat ini Excelsior Travel memiliki 15 agen perjalanan yang sangat terlatih dengan bidang keahlian mereka masing-masing. Ketika pengunjung mengirimkan pertanyaan tentang perjalanan di situs web, mereka secara otomatis terhubungkan ke dua agen perjalanan dengan pengetahuan paling relevan berdasarkan informasi yang dimasukkan, yang lalu ‘bersaing untuk menjelmakan mimpi’ pengunjung.

 

Jean Pierre menjelaskan bahwa ‘persaingan’ ini memberi nilai tambah bagi pelanggan “Ketika mereka terhubungkan ke agen perjalanan, pelanggan dapat melihat profil kedua agen perjalanan itu dan kualifikasi destinasi mereka. Pelanggan suka hal itu!”

Bedsonline Mengapa agen perjalanan wisata perlu berubah untuk bisa bertahan hidup permintaan

Masing-masing agen perjalanan lalu memberikan usulan rencana perjalanan untuk dipilih pelanggan. Selain memberikan lebih banyak pilihan dan nilai untuk pelanggan, program ini juga membuat para agen berusaha mendapatkan lebih banyak konten destinasi karena mereka tahu hal itu akan bermanfaat bagi mereka secara profesional. “Kapan pun ketika kami memiliki waktu luang, kami selalu melakukan riset destinasi online dan mendapatkan sertifikasi baru,” kata Jean Pierre.

Kapan pun ketika kami memiliki waktu luang, kami selalu melakukan riset destinasi online dan mendapatkan sertifikasi baru.

Dengan adanya situs web baru yang berjalan lancar, Jean Pierre mulai mengalihkan perhatiannya ke pengiklanan online. Sampai titik itu, mayoritas pengiklanan perusahaan tersebut selalu melalui saluran luring (offline) tradisional seperti radio dan iklan di surat kabar. Meskipun hal ini memang memberikan sejumlah hasil, Jean Pierre tahu bahwa ada peluang yang terlewatkan karena komunitas besar yang berbahasa Spanyol di kota itu belum tersentuh.

Bedsonline Why travel agents need to change to survive
Mengapa agen perjalanan wisata perlu berubah untuk bisa bertahan hidup Jean Pierre mulai bereksperimen dengan Google AdWords, dan kembali hanya dengan menggunakan kata kunci berbahasa Spanyol serta dalam radius sekitar 160 kilometer dari tokonya. Google AdWords menampilkan iklan kepada pengguna berdasarkan kata kunci pencarian mereka. Pengiklan akan melakukan ‘penawaran’ untuk kata kunci, sehingga untuk istilah kata kunci yang populer, pengiklan akan harus membayar banyak agar iklannya terlihat. Dengan menggunakan kata kunci berbahasa Spanyol, Jean Pierre tahu mereka akan memiliki peluang lebih besar iklan mereka terlihat dengan biaya yang lebih rendah.

Dengan sejumlah eksperimen dan perubahan di sana-sini, Jean Pierre memperbaiki strateginya sehingga iklannya hanya terlihat di ponsel dan di kampanye untuk panggilan telepon saja. Ini berarti jika seseorang mengeklik iklan, mereka akan menelepon agensi Jean Pierre bukannya dibawa ke situs web perusahaannya. Jean Pierre tahu bahwa begitu pelanggan berada di telepon, para agennya memiliki kesempatan untuk memamerkan keahlian perjalanan mereka serta memastikan pelanggan melakukan pemesanan.

“Di sinilah kami mulai melihat perubahan besar. Bulan lalu kami menerima lebih dari 350 panggilan telepon yang berkualitas dari kampanye AdWords kami, panggilan itu lamanya 45 detik atau lebih, dan kita bisa memberikan pelanggan banyak informasi dalam waktu itu!”

Metode baru pemerolehan permintaan ini mendatangkan jenis pelanggan baru. “Tadinya, sekitar 80% dari bisnis kami adalah dari tiket penerbangan dengan hanya 20% untuk paket wisata. Kini kami angka itu menjadi 50/50. Bukan itu saja, permintaan yang kami dapatkan adalah permintaan untuk rencana perjalanan yang dirancang khusus ke tempat yang lebih jauh seperti Eropa dan dengan anggaran belanja yang lebih besar.”

Kami memiliki lebih dari 170 ribu hotel di lebih dari 185 negara dan angka ini terus tumbuh. Login sekarang untuk memanfaatkan portofolio produk perjalanan paling komprehensif untuk para agen perjalanan wisata.

DUKUNGAN DARI BEDSONLINE

Oleh karena hubungan jangka panjangnya dengan pemasok lain hingga tahun lalu, Excelsior hanya menggunakan Bedsonline seperlunya saja. Tetapi hal ini berubah ketika manajer penjualan mereka, Kenneth McMillion mengunjungi Jean Pierre untuk mencari tahu bagaimana dia dapat membantu mendukung perubahan dalam permintaan yang masuk.

Hal pertama yang kami lakukan adalah menegosiasikan kembali komisi kami; dengan harga yang saya punyai sekarang saya bisa lebih bersaing dalam penentuan harga.

Sejak saat itu, hubungan itu makin menguat, dengan adanya Kenneth yang terus menerus membantu jika Jean Pierre memerlukan sesuatu.

Bedsonline kini merupakan alat yang dipakai Excelsior jika mereka mendapatkan permintaan yang membutuhkan rancangan perjalanan khusus seperti ke Eropa.

“Jika saya ingin melakukan perjalanan dengan banyak perhentian yang dirancang khusus, yang menyertakan juga hotel dan aktivitas, saya melakukannya dengan Bedsonline. Jika kami tidak tahu banyak mengenai destinasi itu, Bedsonline memberikan semua informasi yang kami perlukan,” kata Jean Pierre.

Jika saya ingin melakukan perjalanan dengan banyak perhentian yang dirancang khusus, yang menyertakan juga hotel dan aktivitas, saya melakukannya dengan Bedsonline. Jika kita tidak tahu banyak mengenai destinasi itu, Bedsonline memberikan semua informasi yang kita perlukan.

Meskipun kota Houston masih melakukan pemulihan dari dampak besar dari badai Harvey, bagi Excelsior tahun lalu merupakan tahun yang baik seperti dikatakan manajer umumnya. “Angka kami jauh lebih baik daripada 3 tahun lalu, dan itu benar merupakan tahun yang baik. Kebanyakan di kota ini tidak mengadakan pesta Natal tahun ini, tetapi kami berpesta!”

Masa depan memang tampaknya gemilang bagi Excelsior Travel. Jean Pierre tahu pasti bahwa untuk meneruskan keberhasilan, mereka harus ‘meneruskan program’. Namun, dia tahu dia berada di kini berada di tempat yang aman dengan adanya Bedsonline dan Kenneth yang terus mendukungnya dalam setiap langkahnya.

Bedsonline - Mengapa agen perjalanan wisata perlu berubah untuk bisa bertahan hidupLupa kata sandi Anda? Reset di sini
Before you read any further ...

We want to help you become the next success story! Fill out this quick form so we can get to know you better.